IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK

Authors

  • Putri Aulia Rahmah Hasibuan Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Muhammad Sahal Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Ernidawati Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62112/sjpif.v7i1.261

Keywords:

Cognitive learning outcomes, light and optical devices, cooperative learning, Pair Checks

Abstract

Rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada materi cahaya dan alat optik menjadi permasalahan yang perlu segera ditangani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 7 Pekanbaru. Penelitian menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 85,00 (kategori sangat tinggi), sedangkan di kelas kontrol sebesar 70,00 (kategori tinggi). Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, model Pair Checks terbukti mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa secara signifikan.

References

Arifin, S., & Aprisal, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9974

Ayuningsih, F., Ariani, T., Lovisia, E., Rochman, S., & Afras, A. (2024). Developing interactive learning videos to improve physics learning outcomes. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 217-227.

Busrial, B. (2022). Upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.130

Cireundeu, S. D. N. (2024). Pembelajarapaı Melaluı Model Ctl Dı. 12(3), 445–450.

Ernidawati, E., Ma’aruf, Z., Zulirfan, Z., Yennita, Y., Irianti, M., Nurhasanah, N., & Habiburrahman, H. (2024). Problematika Penggunaan KIT Fisika dalam Pembelajaran IPA SMP Se Riau Kepri. Jurnal Selekta PKM: Pengabdian Masyarakat Dan Kukerta, 2(1), 28–35.

Ernidawati, E., Sahal, M., Fauza, N., Syaflita, D., & Satria, D. (2021). Pengembangan Alat Pemurni Air Laut sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Pemanasan Global. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 222. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.14529

Ernidawati, E., Darmadi, D., Fauza, N., Idris, I., Syaflita, D., Junaidi, M., & Sundari, P. D. (2025). Effectiveness of Experimental Tools for Testing the Permeability of Metal Materials to Increase Student Learning Motivation. 8(1), 140–148. https://doi.org/10.24014/jnsi.v8i1.32799

Febrila, L. G., Yensy B, N. A., & Susanta, A. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Dan Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas Vii Smp It Darul Fikri Arga Makmur Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 281–295. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.281-295

Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika Pembelajaran IPA Terpadu (Kendala Guru Dalam Pengajaran IPA Terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.31

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan

Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Jufrida, J., Basuki, F. R., Rinaldo, F., & Purnamawati, H. (2020). Analisis Permasalahan Pembelajaran Ipa: Studi Kasus Di Smpn 7 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1), 50. https://doi.org/10.26714/jps.8.1.2020.50-58

Julita, N., Rosalina, E., & Hajani, T. J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Di Sd Negeri 67 Lubuklinggau. LJESE: Linggau Journal of Elementary School Education, 2(3), 130. http://www.jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/379%0Ahttp://www.jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/download/379/294

Kathy Putriayu Debora, & Asrin Lubis. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 209–218. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i2.1601

Mahardika, N. A., Ariani, T., & Lovisia, E. (2024). Analysis of Student Learning Motivation Through The Predict, Observe, Explain (POE) Learning Model. Equator Science Journal, 2(1), 1-6.

Nopasari, M., & Charli, L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatıf Tıpe Paır Check Terhadap Hasıl Belajar IPA Kelas V SD Negerı 6 Muara Rupıt A . PENDAHULUAN Pada hakikatnya belajar mengajar merupakan perubahan Selain itu , dari belajar antisipasi kepentingan masa depan . Pendidika.

Nurhayatı, N. (2023). Upaya Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Pair Checks Untuk Siswa Sman 3 Tebo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(2), 74–86. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i2.100

Oktamia Anggraini Putri. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.

Pendidikan, P., Kompensasi, D. A. N., Kinerja, T., Agustin, P., & Permatasari, I. (2020). Pengaruh Pendıdıkan Dan Kompensası Terhadap Kınerja Dıvısı New Product Development (Npd) Pada Pt. Mayora Indah Tbk. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(2), 174–184. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i2.442

Rahmawati, A., Kusairi, S., & Diantoro, M. (2021). Analisis Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Materi Cahaya dan Alat Optik. JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika), 6(1), 47–54.

Ramadhani, R., & Rahmad, M. (2024). Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika Penerapan Model Pembelajaran Recıprocal Learnıng Pada Materı Pemanasan Global Untuk. 6(1), 125–137.

Rizka Nur Faidah1, Rizma Okavianti2, Putri May Maulidia3, Eva Putri Muliyani4, H. L. K. (2024). Indonesian Research Journal on Education. Indonesian Research Journal on Education Web:, 4, 550–558.

Rohman, S. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Taksonomi Bloom. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 86–108. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.262

Syahputra, R., Marpaung, R. R., Putri, I. W., & Nurfadillah, A. (2024). Analisis Ketersediaan dan Akses Air Bersih menuju Kesehatan Masyarakat yang Berkelanjutan di Kelurahan Tanjung Harapan Kabupaten Indragiri Hilir. 2(2), 30–37.

Wahyuni, A., & Rizal, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Journal of Technology and Literacy in Education, 1(1), 33.

Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 190–199. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695

Wulandari, D. D., Imamuddin, M., Medika, G. H., Sjech, U. I. N., & Djambek, M. D. (2024). Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check. 4, 11752–11762.

Yulmınıa, S. (2023). Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Smpn 2 Labuapi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 3(4), 298–309. https://doi.org/10.51878/secondary.v3i4.2534

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Terbitan Terkini Volume 7 Nomor 1 Juni 2025