PENERAPAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN QUIZALIZE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI SMPS YPPI TUALANG

Authors

  • Marsela Wulandari Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Zulhelmi Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Mitri Irianti Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62112/sjpif.v7i1.252

Keywords:

POGIL, Quizalize, Cognitive Learning Outcomes, Simple Machines

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning berbantuan quizalize terhadap hasil belajar kognitif siswa dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning berbantuan quizalize dengan pembelajaran konvensional pada materi pesawat sederhana di SMPS YPPI Tualang.. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan teknik pengumpulan data berupa posttest. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini meliputi kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata hasil belajar kognitif sebesar 79,04 dengan kategori baik sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata hasil belajar kognitif sebesar 61,48 dengan kategori cukup. Hasil analisis inferensial dalam uji hipotesis memperoleh nilai sebesar 0,000 dengan syarat p < 0,05, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara kelas yang menerapkan perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning berbantuan quizalize dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada pesawat sederhana.

References

Ariani, T., & Yolanda, Y. (2019). Effectiveness of Physics teaching material based on contextual static fluid material. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(2), 70-81.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Basir, H.-H.-A., Haeruddin, H., & Basir, A. (2022). Literature Review: Model Process Oriented Guided Inquiry Learning Pada Pembelajaran Matematika LITERATURE REVIEW: MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. In JURNAL PRIMATIKA (Vol. 11, Issue 2).

Caesar Septiani, R. (2017). Penerapan POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Self- Regulation Siswa Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi. Chemistery Education, UNESA, 6.

Eldanto, A., Hoendarto, G., & Willay, T. (2018). PENERAPAN METODE STATISTIKA INFERENSIAL SEBAGAI ALAT BANTU HITUNG DENGAN SOLUSI KOMPREHESIF. Jurnal InTekSis, 5, 22.

Farolai, A., & Nurjannah. (2022). Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran di Era Digital. Deepublish.

Fatoni, A. K., & Ainiyah, N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Platform Quizalize Dalam Pembelajaran Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bolang Mongondow. Jurnal Ilmiah Al-Mashadir, 4(1), 33–47.

Febriyanti, E. D. (2024). Penggunaan Alat Evaluasi Quizalize Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Sastra Indonesia (SASINDO), 13(1).

Gunawan, C. (2019). Mahir Menggunakan SPSS (Mudah Mengelola Data Dengan IBM SPSS Statistics 25). Deepublish Publisher.

Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai SPSS: Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian (1st ed.). Deepublish.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). TAKSONOMI BLOOM – REVISI RANAH KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN PENILAIAN. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02). https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50

Hanson, D. M. (2013). Instructor’s Guide to Process Oriented Guided Inquiry Learning. Pacific Crest.

Haryani, S. (2020). Studi Komparasi Hasil Belajar Kognitif Dan Hasil Belajar Psikomotor Antara Siswa Lulusan SMP Dengan Lulusan MTs Pada Materi Haji Di SMA Negeri 5 Tapung (Vol. 53, Issue 9). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Huljannah, M., Saptogani, R., & Gafar Otaya, L. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POGIL Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Dirasatul Ibtidaiyah, 4(1), 52–66.

Iman, N. (2020). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia Terhadap Kuis Berbasis Platform Online Sebagai Media Evaluasi Belajar.

Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Raja Grafindo Persada.

Kaswar, A. B., & Nurjannah, N. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MOBELIN) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2). https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2326

Lie, A. (2005). Cooperative Learning (Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas) (Novita & Diane (eds.)). Grasindo.

Marpaung, U. A., Nasution, I. S., & Saragih, M. A. (2025). Pengaruh Penggunaan Gamification Berbasis Quizalize terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Simbol Keragaman Agama . JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) , 8(3), 3223–3228.

Nana Sutrisna, O., Muhammadiyah Sungai Penuh Jl Muradi Sungai Liuk, S., & Sungai Penuh, K. (2022). PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERBASIS INKUIRI PADA MATERI IPA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. 2(8).

Ngalim Purwanto. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Novike, R., Lestari, D., & Wulandari, F. (2021). Pemanfaatan Media Quizalize dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Media Akademi.

Prathama, G. ., Margunayasa, I., & Wibawa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 2–3. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Russefendi. (1998). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. IKIP Bandung Press.

SMA Negeri, M., & Selatan, S. (2020). Print) Al asma: Journal of Islamic Education ISSN (Vol. 2, Issue 1). Online.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (15th ed.). Alfabeta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.

Usman, U. (2002). Menjadi Guru Profesional (2nd ed., Vol. 1). PT Remaja Rosdakarya.

Villagonzalo, E. . (2017). Process oriented guided inquiry learning an effective approach in enhancing student’s academic performance. DLSU, 2.

Wulandari, B. L., & Hartono, M. (2021). The Effectiveness of Using Quizizz and Quizalize Media on Mathematics Learning Outcomes of Grade IV Students. 2021 7th International Conference on Education and Technology (ICET), 320–325. https://doi.org/10.1109/ICET53279.2021.9575113

Yuniati, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui endekatan Kontekstual. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam., 8.

Zalfa Hafizha, F., Febriani, K., Sholihah Rosmana, P., Iskandar, S., Selaras Gustavisiana, T., & Aledya Rosyani, W. (2020). Jurnal Cahaya Mandalika (JCM) | 31 PENGGUNAAN QUIZALIZE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GAME DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.

Zori, S., Roller, M. ., & Lyons, E. (2018). Implementing the process oriented guidedinquiry learning (POGIL) pedagogy of group scenario exercises in fundamentals and Medical Surgical II nursing courses. Journal of Nursing Education and Practice, 8(1).

Zubaidah, S. (2011). PEMBELAJARAN SAINS (IPA) SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER. https://www.researchgate.net/publication/318040732

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Terbitan Terkini Volume 7 Nomor 1 Juni 2025