PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM FISIKA SMP DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Authors

  • M Hidayat Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Rahma Dani Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Neneng Lestari Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Suharli AJ Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62112/sjpif.v7i1.248

Keywords:

Problem Based Learning, Lesson Study, Critical Thinking, Physics Curriculum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam matakuliah Telaah Kurikulum Fisika SMP melalui pendekatan Lesson Study di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Model PBL digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan membiasakan mereka menghadapi dan memecahkan permasalahan kontekstual. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil menunjukkan bahwa pada siklus I, mahasiswa masih kesulitan dalam merumuskan masalah dan belum menunjukkan kerja kelompok yang efektif. Pada siklus II terjadi peningkatan, meskipun masih diperlukan bimbingan dalam merumuskan masalah dari bahan bacaan. Siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan di hampir seluruh indikator, meski mahasiswa masih memerlukan dukungan dalam menemukan masalah kontekstual dan mempresentasikan hasil diskusi secara lancar. Secara keseluruhan, implementasi model PBL dalam pembelajaran menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

References

Abuddin Nata. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana.

Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6963–6972. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3845

Ariani, L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 311–321. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2497

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dewi, S., & Nugraheni, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ngesrep 03 Semarang. Pedagogika : Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 12(2), 464–473.

Ernanda, M., Suharsono, S., & Triyanto, S. A. (2022). The Effect of Implementing Problem Based Learning in Lesson Study on Students Critical Thinking Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 112–125. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.61383

Handayani, S. (2024). Implementasi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda Melalui Lesson Study di Kelas 4 SD Negeri Cimunding 02. JGURUKU: Jurnal Penelitian Guru, 2(1), 461–470.

Kartini, I., Pohan, L. R., Lubis, P. A. A., & Toruan, S. M. L. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256–263. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.819

Kerans, G., & Ngongo, K. P. (2020). Development of Integrated Science Learning Devices Using Problem Based Learning (Pbl) Learning Model Through Lesson Study. Edu Sciences Journal, 3, 89–99. https://doi.org/10.30598/edusciencesvol1iss2pp124-132

Passinggi, M. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.51878/science.v3i1.2078

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Ratnasari, F., Purnamasari, V., Pramasdyahsari, A. S., & Nikmah, U. (2023). Lesson Study Menggunakan Model PBL untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 2 SD Supriyadi Semarang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1078–1086. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2317

Rozhana, M. K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Sumar, H. (2007). Lesson study Suatu Strategi untuk Meningkatakan Keprofesionalan Pendidik. UPI Press.

Supriatna, A. (2014). Etika dan profesionalisme pendidik untuk pendidikan karakter dalam implementasi kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional, 1(1).

Suryani, Y., Melasari, M., Nurjannah, N., Iskandar, I. T., Rokayah, O., & Prasetyo, I. U. (2023). Penerapan Lesson Study Dengan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(01), 37–44. https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7012

Sutrisno. (2011). Problem Based Learning Sebagai Suatu Strategi Pembelajaran Untuk Menumbuh-Kembangkan Atmosfer Kebebasan Intelektual. Inovasi Pendidikan Sains, 2(1), 1–12.

Tamarli. (2017). Penggunaan Media Gambar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKN Materi Hak Azasi Manusia Kelas XI-2 SMA Negeri Sukamakmur Aceh Besar. Jurnal Serambi Ilmu, 18(1), 33–40.

Waluyo, E. (2023). Penerapan STEM Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Lesson Study. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1113–1124. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17345

Wau, M. P. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sdi Bajawa Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 1(4), 239. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12860

Wiharto, M. (2017). Kegiatan Lesson Study dalam Pembelajaran. Focus Group Discussion- PEngayaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi, 22–23.

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Terbitan Terkini Volume 7 Nomor 1 Juni 2025