SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Kata Kunci:
hasil belajar matematikaAbstrak
Penelitian ini menyajikan tinjauan literatur sistematis mengenai model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis etnomatematika dalam pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh pendekatan PMRI berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan mengidentifikasi, meninjau, dan menafsirkan semua penelitian relevan dari tahun 2017 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PMRI berbasis etnomatematika dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika dengan menghubungkan pembelajaran dengan pengalaman nyata dan budaya lokal. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Indonesia.
Referensi
Budiarto, M. T., Masruroh, A., Azizah, A., Munthahana, J., Awwaliya, R., & Yusrina, S. L. (2022).Etnomatematika teori, pendekatan, dan penelitiannya. Zifatama Jawara.
Elly S, A., & Mandasari, N. (2018). Analisis Proses Abstraksi Matematika dalam Memahami Konsep dan Prinsip Geometri Ditinjau dari Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 61–70.
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120-135.
Friansyah, D., & Luthfiana, M. (2018). Desain lembar kerja siswa materi sistem persamaan dua variabel berorientasi etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 83-92.
Here, A. R. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2022). Model Inkuiri dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Matematika. 3(1)
Heryan, U., & Zamzaili, Z. (2018). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa sma melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 55-66.
Husna, N. M. (2024, February). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ditinjau Dari Perolehan Hasil Belajar Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 442-448).
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.
Kaharuddin, A. (2019). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2), 43–46.
Lahur, F., Wewe, M., & Bhoke, W. (2021). Pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) setting etnomatematika ngada pada materi peluang untuk siswa SMP kelas VIII. Jurnal Citra Pendidikan, 1(4), 619-629.
Lyany, E. G., Dominikus, W. S., & Udil, P. A. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPK STA. THERESIA LAMAHORA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(2), 67-76.
Majid, A. A., Indrawati, D., Rahmawati, I. (2023). Tradisi Udik-Udikan Sebagai Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Di Kelas 2 Sekolah Dasar. Elementary School Journal, 13(1), 44-53.
Maulyda, M. A., Sukoriyanto, S., Hidayati, V. R., Erfan, M., & Umar, U. (2020). Student Representation in Solving Story Problems Using Polya Steps. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(1), 25–34
Nabillah, H., Refianti, R., & Luthfiana, M. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LUBUKLINGGAU. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 5(2), 133-145.
Nurkhasanah, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIRKRITIS SISWA KELAS V SD. Satya Widya, 35(1), 33–41.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99-108.
Ratih, P., Anis, R., & Anung, P. (2022). Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 379-390.
Saubaki, E. A., Leton, S. I., & Aleksius, M. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 475-486.
Sholihin, A., Faudati, M., Septiyanti, I. F., Dewi, N. A., & Irfan, M. (2024). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 8(1), 24-32.
Silalahi, L. B., Sinaga, W., Purba, T. N., Tiofanny, T., Rezha, S., Hutahuruk, A. J., ... & Darmayasa, J. B. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2497-2504.
Sukasno, S., Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 6(1), 26-36.
Tasik, Y., Nurhusain, M., & Ruslan, R. R. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 NOSU.
Umar, U., Widodo, A., Maulyda, M. A., Anar, A. P., & Sutisna, D. (2020). Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 251-260.
Uskono, I. V., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Dosinaeng, W. B. N., & Bria, K. (2020). Pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika dan prestasi belajar siswa. Journal of Honai Math, 3(2), 145-156.
Utami, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 115-12.
Utami, W. B., Aulia, F., Permatasari, D., Taqiyuddin, M., & Widodo, S. A. (2022). Ketupat Eid Tradition Of The North Coast Of Java As An Alternative Mathematics Learning Media.Infinity Journal,11(1), 177-192
Weniarni, L. (2022). Etnomatematika 1. Penerbit NEM.
Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). Systematic reviews in educational research: Methodology, perspectives and application (p. 161). Springer Nature.
Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2019). New school mathematics curricula, PISA and PMRI in Indonesia. School mathematics curricula: Asian perspectives and glimpses of reform, 39-49.

