SISTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL GBL BERBASIS WORDWALL MENGGUNAKAN KONTEKS LOKAL
Kata Kunci:
Minat belajar, Game-Based Learning, Wordwall, Konteks lokalAbstrak
Abstract
Pentingnya minat belajar siswa dalam keberhasilan pembelajaran matematika seringkali terhambat oleh persepsi mata pelajaran yang sulit, abstrak, dan tidak relevan, diperparah oleh metode pengajaran monoton. Untuk mengatasi tantangan ini, peneliti melakukan tinjauan sistematis terhadap literatur untuk menganalisis efektivitas model Game-Based Learning (GBL) berbasis Wordwall dengan integrasi konteks lokal untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa penerapan GBL melalui Wordwall menciptakan pengalaman belajar yang imersif, interaktif, dan menarik, secara signifikan meningkatkan antusiasme dan meminimalisir kejenuhan siswa. Fleksibilitas Wordwall dalam menyediakan beragam permainan edukatif yang dapat disesuaikan dengan kurikulum, serta kemampuan guru dalam menciptakan konten yang relevan dan kontekstual, menjadikan platform ini solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggabungan konteks budaya lokal terbukti memfasilitasi siswa untuk mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari, menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, relevan, dan efektif. Secara keseluruhan, Wordwall tidak hanya meningkatkan minat dan motivasi, tetapi juga secara signifikan meningkatkan prestasi akademik siswa, mendorong partisipasi aktif dan keterlibatan siswa, dan mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran secara komprehensif.
Kata Kunci: Minat belajar, Game-Based Learning, Wordwall, Konteks lokal
Referensi
Adha, I., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Somakim. (2024). A Learning Trajectory For Surface Area Concept With The Context Of The Tourist Destination Bukit Sulap. Mathematics Education Journal, 18(3), 409–430. Https://Doi.Org/10.23107/Jpm.V18i3.Pp409-430
Agustin, A., & Sari, R. K. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Based Learning Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Universitas Teknokrat Indonesia , Bandar Lampung , Indonesia Pendahuluan Peserta Didik Lebih Menyukai Menggunakan Media Untuk Belajar Matematika , Teru. 7(2), 309–320.
Alwin Dwi Sastra Kelana Harefa: Robert Harry Soesanto: Universitas Pelita Harapan, T. (2024). 173 peningkatan minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pemanfaatan Wordwall[Increasing Students' Interest In Learning Mathematics Through The Use Of Wordwall]. 8 (2), 173-185.
Andika, N. L., Agustini, K., & Sudatha, I. G. (2025). Studi Literatur Review: Peran Media Game Based Learning Terhadap Pembelajaran. Jurnal Kependidikan , 14 (1).
Astuti, A. D., & Sumarmo, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sma Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (Jipm), 3(1), 1-10
Fatimah, O. L., Abdul Halim Fathani, & Awae, W. (2024). Analisis Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Game-Based Learning. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 73–83. Https://Doi.Org/10.51574/Jrip.V4i1.1240
Kayniya, M. S., Purnamasari, V., & Nurhayati, R. (2025). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Melalui Game Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn Sarirejo. 11(2), 35–42.
Luh, N., Andika, P., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2025). Studi Literatur Review : Peran Media Game Based Learning Terhadap Pembelajaran. 14(1), 799–812.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1475
Prabowo, T., & Wibowo, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 173-182.
Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., & Nadhilah, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. 5 (1), 1-8.
Ramdhani, S., & Suryadi, D. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 59-67.
Setiawan, M. R., & Ansori, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 743-750.
Susanti, Sani, Aminah, F., Assa’idah, I. M., Wati, A. M., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(2), 86–93.
Widiana, W. (2022). Game Based Learning Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V10i1.48925
Adha, I., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Somakim. (2024). A Learning Trajectory For Surface Area Concept With The Context Of The Tourist Destination Bukit Sulap. Mathematics Education Journal, 18(3), 409—430. Https://Doi.Org/10.23107/Jpm.V18i3.Pp409-430
Agustin, A., & Sari, R. K. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Based Learning Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Universitas Teknokrat Indonesia , Bandar Lampung , Indonesia Pendahuluan Peserta Didik Lebih Menyukai Menggunakan Media Untuk Belajar Matematika , Teru. 7(2), 309—320.
Alwin Dwi Sastra Kelana Harefa: Robert Harry Soesanto: Universitas Pelita Harapan, T. (2024). 173 peningkatan minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pemanfaatan Wordwall[Increasing Students' Interest In Learning Mathematics Through The Use Of Wordwall]. 8 (2), 173-185.
Andika, N. L., Agustini, K., & Sudatha, I. G. (2025). Studi Literatur Review: Peran Media Game Based Learning Terhadap Pembelajaran. Jurnal Kependidikan , 14 (1).
Astuti, A. D., & Sumarmo, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sma Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (Jipm), 3(1), 1-10
Fatimah, O. L., Abdul Halim Fathani, & Awae, W. (2024). Analisis Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Game-Based Learning. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 73—83. Https://Doi.Org/10.51574/Jrip.V4i1.1240
Kayniya, M. S., Purnamasari, V., & Nurhayati, R. (2025). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Melalui Game Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn Sarirejo. 11(2), 35—42.
Luh, N., Andika, P., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2025). Studi Literatur Review : Peran Media Game Based Learning Terhadap Pembelajaran. 14(1), 799—812.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928—3939. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1475
Prabowo, T., & Wibowo, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 173-182.
Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., & Nadhilah, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. 5 (1), 1-8.
Ramdhani, S., & Suryadi, D. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 59-67.
Setiawan, M. R., & Ansori, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 743-750.
Susanti, Sani, Aminah, F., Assaidah, I. M., Wati, A. M., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(2), 86—93.
Widiana, W. (2022). Game Based Learning Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1—10. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V10i1.48925

