Systematic Literature Review STUDENTS' MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES REVIEWED FROM THE GROUP INVESTIGATION TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL ASSISTED BY IMAGE MEDIA
Kata Kunci:
Group Investigation, Media Gambar, Hasil Belajar, Mathematics Learning Outcomes, Image MediaAbstrak
Rendahnya hasil belajar matematika di kalangan siswa menjadi masalah krusial dalam dunia pendidikan dan menghambat perkembangan kompetensi dasar yang esensial untuk menghadapi tantangan di masa depan. Artikel ini berfokus pada upaya mengidentifikasi, mengevaluasi dan menyimpulkan temuan penelitian yang terkait dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media gambar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mereview seluruh artikel yang berkaitan dengan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan media gambar periode 2015-2024. Pada penelitian ini terdapat 10 artikel yang diperoleh dari Google Scholar dan Garuda Kemendikbud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media gambar berpengaruh postif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Referensi
Abd Rosyid, M., Wawan, W., Choirudin, C., Darmayanti, R., & Riono, S. H. (2023). Experimentation of cooperative learning model with group investigation type on communication ability and mathematical disposition. AMCA Journal of Science and Technology, 3(1), 30-35.
Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40.
Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116-123. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512
Arsita, D. R., & Dibia, K. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran group investigation berbantuan media konkret. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 262-269. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27342
Artati, N. L. K. R., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2023). Model Group Investigation Berbantuan Gallery Walk dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Unit Penyusunan Data. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2).
Asdar, A. T., & Sofyan, M. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Self-Confidence Siswa Kelas XI IPA. Jurnal Issues in Mathematics Education (IMED), 2(2), 107-111 https://doi.org/10.35580/imed9488
Daen, N., Istiqomah, I., & Arigiyati, T. A. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation dengan Pendekatan 3N untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 319-332.
Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233–242. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079
Een, E., Hardianto, H., & Afri, L. E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Rambah (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).
Gunawan, G., Munir, A. M., & Akhsani, L. (2020). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama (smp) menggunakan model pembelajaran group investigation. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 299-312. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6428
Handayani, N. F. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Ajung Kabupaten Balangan. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 37-45.
Handayani, N. P. R., & Abadi, I. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120-131.
https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Jailani, J. (2023). PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS, KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2264-2273. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6005
Jailani, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS MAN Pasir Pengaraian (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).
Kartini, K., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 31 Woja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 487-495.
Kerres, M., & Bedenlier, S. (2020). Systematic Reviews in Educational Research. In Systematic Reviews in Educational Research. https://doi.org/10.1007/978-3-658-27602-7
Kurniawati, I., Hayati, L., Hikmah, N., & Sridana, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 590-596.
Lengari, M. P. E., & Agustika, G. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flash Card terhadap Kompetensi Pegetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 65-74. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032
Muhammad, M. (2018, December). The Effect of Group Investigation (GI) Cooperative Learning Type on Mathematical Problem and Self-Confidence of the Students in SMP Negeri 2 Rembang. In 5th Asia Pasific Education Conference (AECON 2018) (pp. 91-94). Atlantis Press.
Ningsih, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas viii mtsn kabupaten kerinci. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 351-362. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.118
Nisa, T. F., & Cuevas, J. V. (2022). Group Investigation (GI) To Increase Student Mathematics Learning Outcomes. Transpublika International Research in Exact Sciences, 1(1), 37-45.
Nofiardi, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap motivasi belajar matematika. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 1(01), 27-35.
Orhan, O., & Norhayati, M. (2016). Penggunaan Media Gambar Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika: Media Use of Fraction Images in Improving Mathematics Learning Outcomes. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 16-20.
Putri, D. U., Maizora, S. M., Stiadi, E., & Lestary, R. (2022). Penerapan group investigation untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat dan segitiga di SMPN 11 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 421-428.
Rosiani, E., Parmin, P., & Taufiq, M. (2020). Cooperative learning model of group investigation type on students' critical thinking skill and scientific communication skills. Unnes Science Education Journal, 9(1), 48-58.
Rosmayanti, R. (2018). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas 1 Sdn 017 Seberang Cengar Kecamatan Kuantan Mudik. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(3), 419-423.
Satriani, S., & Fahmia, S. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Padasiswa Kelas X Sma Negeri 3 Sidrap. Nabla Dewantara, 4(1), 35-45.
Seran, K. A., Sujadi, A. A., & Taufiq, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 33-40.
Setiawan, E., Jusniani, N., Komala, E., & Monariska, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. PRISMA, 11(1), 140-153. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2087
Sobarningsih, N., & Rachmawati, T. K. (2018). Pengaruh Model Group Investigation Dan Model Group Investigation Dengan AFL Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2).
Soleh, U., Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Korelasi Model Group Investigation Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 139-154.
Suharto, S., & Apriani, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok. Nabla Dewantara, 4(2), 39-42.
Suriyanti, D., Yusri, R., & Lovia, L. (2022). the Influence of Student Perception on Mathematics Learning Outcomes Through Implementation of Group Investigation Learning Model. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 109-121.
Takaeb, M. J., & Mone, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Soe. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 1(2), 33-38.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.
Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427-436.
Utami, S. P. (2019). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 72-76. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.307
Wiranata, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 39-48.
https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14224
Wirdayat, S. R., Imamuddin, M., & Kamal, M. (2019). Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2018/2019. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 165-170.
Yati, N., & Revita, R. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 129-136. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.13925
Zayyin, A. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 11-20. https://doi.org/10.30738/.v5i1.935Aini, N., (2020) Retention and Transfer of Knowledge through Problem Based Learning With Demonstrasi : Jurrnal of Educational Research and evaluation

