PENERAPAN PERMAINAN OUTDOOR EDUCATION DALAM PENINGKATAN KERJA SAMA SISWA

Authors

  • Rafdlal Seaful Bakhri STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Moch Latif STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Darul Malik Maulana STKIP Bina Mutiara Sukabumi

Abstract

Permasalahan rendahnya kerja sama siswa dalam proses pembelajaran menjadi isu penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam membentuk karakter sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan outdoor education terhadap peningkatan kerja sama siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah angket kerja sama siswa, terdiri dari 36 butir pernyataan. Analisis statistika menggunakan uji uji statistik paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan skor rata-rata kerja sama siswa dari pretest ke posttest, yang menandakan bahwa permainan outdoor education efektif dalam meningkatkan kemampuan kerja sama. Kontribusi praktis dari penelitian ini adalah memberikan alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna untuk menumbuhkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis permainan luar ruang dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan kerja sama di lingkungan sekolah. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menggunakan kelompok kontrol, memperluas jumlah dan karakteristik responden, serta menggali pengaruh permainan luar ruang terhadap aspek sosial lainnya.

Kata kunci: outdoor education, permainan, kerja sama, siswa.

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

##section.default.title##